Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 02 Januari 2020

DHEMITS NAPAK TILAS "GOA LANGSIH"

Raden Jagad Satria



DHEMITS NEWS - Goa Langsih berada di puncak Bukit Surowiti, Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tempat ini dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga. Tidak hanya populer di kalangan para peziarah, Goa Langsih juga hits di kalangan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan goa berpintu sempit itu.



Goa Langsih berjarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat Kota Gresik ke arah Kota Lamongan. Konon Goa Langsih adalah tempat bertapa Sunan Kalijaga semasa hidupnya. Di dalamnya, terdapat sebuah batu menjangan yang konon dipercaya memiliki tuah.

Ki Hartono, selaku pemangkuh adat Bukit Surowiti menuturkan, Goa Langsih adalah tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama julukan Raden Sahid sebelum menjadi Sunan Kalijaga.

"Sunan Kalijaga, sebelumnya dikenal sebagai berandal yang sering menjarah harta kaum ningrat untuk dibagikan ke kaum miskin. Karena ulah itulah, dirinya dijuluki Berandal Loka Jaya dan tinggal di Goa Langsih. Masa lalu dirinya itu terjadi sebelum bertemu dan mendapat pencerahan dari Sunan Bonang," ujarnya.

Ada juga beberapa fakta tentang Goa Langsih ini, tempat yang terbilang sakral ini juga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Goa Langsih tergolong unik karena memiliki pintu atau lubang masuk yang sangat sempit. Lubang ini merupakan tempat Sunan Kalijaga bermunajat kepada Tuhan Yang Maha kuasa.



Goa Langsih terdiri atas dua ruangan. Pintu masuk goa terbilang sempit. Ukurannya pas untuk tubuh satu orang. Ruangan atas goa konon dulunya digunakan Sunan Kalijaga untuk bermusyawarah dengan sunan-sunan lainnya, dalam memecahkan persoalaan agama Islam.

Masuk ke dalam Goa Langsih bisa melalui lubang masuk yang sempit dan terdapat tangga turun yang terbuat dari balok kayu besar. Dalam ruangan bagian bawah goa terdapat batuan yang berbentuk cekungan dengan air yang menetes secara terus-menerus, yang dahulu digunakan Sunan Kalijaga untuk berwudu.


Raden Jagad Satria / Author & Editor

WONGE GANTENG WES NGUNU TOK

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2019, PEMUDA JEMBER BERSATU Creator | Design By IT Troops Dhemits Jember